Ini Jadwal Wisuda UGM 2020 yang Terbaru

Siapa yang tidak tahu Universitas Gajah Mada (UGM)? Perguruan tinggi terbaik ke-2 di Indonesia ini berhasil mencetak lulusan berkualitas. Bahkan, tahun 2019 lalu, separuh dari wisudawan UGM lulus dengan predikat cumlaude.

Nah, tahun 2020 ini, UGM sudah menyiapkan waktu yang tepat untuk mewisuda ribuan lulusan. Mulai dari diploma, sarjana, sampai pascasarjana. Berikut jadwal wisuda UGM 2020 yang terbaru.

Wisuda Diploma dan Sarjana

Wisuda diploma dan sarjana di UGM dilaksanakan pada empat kali, yaitu bulan November, Februari, Mei, dan Agustus. Agar bisa ikut wisuda UGM, tentu calon wisudawan harus memenuhi beberapa syarat, antara lain :

  • calon wisudawan terdaftar sebagai mahasiswa aktif di tahun akademik 2019/2020;
  • calon wisudawan telah dinyatakan lulus yudisium;
  • calon wisudawan telah melunasi biaya wisuda yang ditentukan oleh UGM;
  • calon wisudawan wajib mengunggah skripsi atau karya akhir ke website yang ditentukan oleh UGM;
  • calon wisudawan mengisi data Exit Survey sebagai acuan pembuatan kartu alumni GAMA Co-Brand;
  • dan calon wisudawan mendaftar wisuda secara online melalui website http://www.wisuda.ugm.ac.id.

Selain syarat-syarat tersebut, calon wisudawan juga harus menyerahkan beberapa berkas ke fakultas masing-masing. Mulai dari foto, formulir data wisudawan yang dibubuhkan tanda tangan program studi, kartu mahasiswa, sampai formulir pencetak ijazah sarjana atau diploma.

Jika semua syarat dan berkas sudah dipenuhi, calon wisudawan tinggal menunggu momen wisuda tiba. Biasanya, pihak UGM akan memberikan undangan untuk pendamping wisuda. Jatah undangan pendamping per calon wisudawan, yakni dua orang. Nantinya, dua orang inilah yang boleh masuk ke ruang wisuda.

Meski begitu, Anda bisa mengundang lebih dari dua anggota keluarga untuk hadir dan menunggu di luar ruang wisuda. Soal akomodasi untuk keluarga, Anda harus menyiapkan jauh hari. Pasalnya, tamu yang hadir di acara wisuda sarjana dan diploma lebih banyak daripada pascasarjana.

Kampus lain dekat sini:  5 Rekomendasi Hotel Dekat UNY Strategis & Dekat dengan Tempat Wisata Populer

Sebagai referensi, ini daftar penginapan low budget di dekat UGM.

Gajah Mada University Club (UC) Hotel

Berjarak sekitar 0,2 km dari UGM, UC Hotel menawarkan akomodasi bintang 3 dengan fasilitas lengkap. Mulai dari kamar nyaman, restoran, lounge, sampai parkir pribadi gratis. Selain itu, penginapan ini menyediakan layanan penitipan bagasi.

Wisma MMUGM

Serasa di rumah sendiri, itulah kesan pertama saat masuk ke Wisma MMUGM. Setiap momen wisuda, wisma ini menjadi andalan akomodasi bagi keluarga calon wisudawan. Pasalnya, selain nyaman, Wisma MMUGM juga memiliki ruang terbuka hijau yang asri. Di samping itu, ada area parkir luas dan restoran 24 jam.

Airy Eco UGM Sendowo

Sekitar 1,1 km dari UGM, Anda bisa menemukan Airy Eco UGM Sendowo. Akomodasi ini tak hanya murah, tetapi juga menjamin tujuh kenyamanan untuk tamu. Mulai dari kamar bersih dan nyaman, fasilitas WiFi gratis, AC, TV LED, sampai peralatan mandi gratis.

Wisuda Pascasarjana

Berdasarkan kalender akademik tahun 2019/2020, wisuda pascasarjana dilaksanakan empat kali. Wisuda pascasarjana periode I jatuh pada bulan Oktober. Sementara wisuda periode II berlangsung di bulan Januari. Untuk wisuda periode III dan IV, biasanya diadakan bulan April dan Juli.

Supaya calon wisudawan bisa ikut wisuda, ada syarat-syarat pendukung yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa rincian syaratnya..

  • Calon wisudawan yang terdaftar pada Sistem Registrasi tiap semester harus sudah masuk ke Pangkalan Data Perguruan Tinggi.
  • Calon wisudawan wajib lolos syarat administrasi akademik dan nonakademik.
  • Calon wisudawan harus mengunggah tesis (S2) atau disertasi (S3) ke website http://www.unggah.utd.ugm.ac.id.
  • Sama seperti calon wisudawan diploma dan sarjana, lulusan pascasarjana pun wajib mengisi Exit Survey.
  • Calon wisudawan menyerahkan berkas KTM asli, salinan ijazah S1 (jika wisuda S2), salinan ijazah S2 (jika wisuda S3), format ijazah, serta foto ukuran 3 x 4 hitam putih.
Kampus lain dekat sini:  5 Hotel Dekat UIN Yogyakarta yang Nyaman dengan Harga Terjangkau

Selain syarat-syarat di atas, calon wisudawan harus mempersiapkan diri. Misalnya, dari sisi pakaian, wisudawan perempuan wajib memakai kebaya. Sementara wisudawan laki-laki mengenakan setelan celana hitam dan kemeja putih.

Lalu, bagaimana caranya agar tampil beda di momen wisuda S2? Berikut ini ada lima tips yang bisa Anda terapkan.

  • Pilih bahan pakaian yang nyaman. Saat wisuda, Anda harus melewati prosesi panjang. Ditambah lagi, Anda mesti berdesakan dengan ribuan orang ketika berada di ruangan. Karena itu, pilihlah bahan pakaian yang bisa membuat nyaman meski digunakan dalam waktu lama. Contohnya, bahan katun dan linen.
  • Untuk perempuan, pilih model jilbab atau sanggul yang simpel. Ketika wisuda, Anda harus memakai toga di atas kepala. Itulah sebabnya, Anda perlu memilih jilbab yang simpel. Begitu pula untuk sanggul, pastikan letaknya di tengkuk leher.
  • Tak perlu pakai sepatu hak tinggi. Dengan memakai sepatu hak tinggi, wisudawan perempuan memang terlihat lebih menawan. Namun, sepatu model itu kerap menyulitkan dan membuat tidak nyaman. Tipsnya, pilih saja sepatu model selop pump yang simpel.
  • Pilihlah make up natural. Momen wisuda S2 memang spesial, tetapi Anda tak perlu dandan berlebihan. Misalnya, untuk wajah, cukup poleskan foundation ringan dengan bedak tipis sesuai warna kulit. Kemudian, pilih warna lipstik nude atau nude peach supaya terkesan natural. Terakhir, berikan sentuhan blush on berwarna lembut sebagai pemanis.

Itulah ulasan seputar jadwal wisuda UGM 2020. Usai wisuda, biasanya calon wisudawan mengajak keluarganya untuk berfoto. Spot foto terbaik dan terfavorit di UGM ada di gedung rektorat dengan pilar-pilarnya yang tinggi menjulang. Penasaran? Yuk, coba berkunjung ke UGM.

Add comment